KELOMPOK
4
PROPOSAL
BISNIS
NAMA :
ASTY DIAZ DEWINTA
DINDA
PUTRI H
CHRISTIN VERONIKA
HESTI NURJANAH
KHORIFIA ANGGRAINA
KELAS : 4EA34
Latar Belakang
Pada
masa sekarang ini banyak sekali anak muda yang ingin mempunyai fashion yang
keren dan up to date , maka dari itu kami ingin membuka usaha pakaian terkini.
Usaha pakaian remaja merupakan bisnis yang memiliki prospek cerah. Hal ini
didasarkan pada semakin berkembangnya dan tingginya kebutuhan masyarakat
terutama remaja terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion,
terutama kaum wanita sangat perfect dalam memilih busana. maka kami
berinisiatif untuk membuka suatu usaha pakaian online shop yang up to date dan mengerti akan
kebutuhan masyarakat.
Profil
Usaha Bisnis
Nama Usaha : Nero Fashion Shop
Instagram : @Neroclothing
Instagram : @Neroclothing
Line/WA : @nerocollection / 085717005188
Tanggal Berdiri : 5 Oktober 2016
Jenis Usaha : Pakaian
Jumlah Karyawan : 5 Orang
Produk : Baju, celana, blouse, kemeja, outer,dll
Tanggal Berdiri : 5 Oktober 2016
Jenis Usaha : Pakaian
Jumlah Karyawan : 5 Orang
Produk : Baju, celana, blouse, kemeja, outer,dll
Struktur Organisasi :
Pemilik : Dinda Putri Hartanti
Keuangan : Khorifia Anggraina
Pemasaran : Christin Veronika
Produksi : Asty Diaz Dewinta
Distribusi : Hesti Nurjanah
Tujuan
Tujuan
kami membuat proposal adalah agar pelaku usaha memperoleh gambaran secara
detail tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam pengembangan usaha,agar
pelaku usaha dapat membandingkan antara cita-cita, harapan, dengan realita yang
terjadi dengan usaha sedang dijalankan, dan agar pelaku usaha dapat
mengembangkan strategi dan menguji dtrategi yag diharapkan dari sudut pandang
orang lain.
Produk
Produk
yang kami jual adalah pakaian-pakaian remaja dengan mengikuti trend yang
ada tetapi tidak terpaku pada mode barat. Beberapa contoh pakaian yang
akan kami tawarkan adalah blazer, blouse, cardigan, sweater, dan masih banyak
lagi. Pakaian yang akan kami tawarkan memiliki kualitas yang sangat baik dan
dengan style yang menarik.
Target
Konsumen
Target konsumen kami adalah :
·
Pembeli individu
·
Pelajar sekolah
·
Remaja
Strategi
Harga Pasar
Harga
yang ditawarkan bervariasi & relatif murah dengan harapan dapat
dijangkau oleh semua kalangan, terutama kalangan pelajar. Harga yang ditawarkan
sangat kompetitif & bersaing dengan tempat-tempat lain.Kami menggunakan
strategi harga penertasi, strategi harga multiple-unit price, dan dan
strategi harga lining pricing untuk memberikan cangkupan harga yang
berbeda pada lini produk yang berbeda.
Konsep Promosi
Target
dari pendirian butik ini adalah remaja yang mungkin tertarik kemudian
memesan atau membeli produk kami, kami melakukan pembelian dan pemesanan melalui
online. Promosi dilakukan dengan cara:
·
Penyebaran brosur
ditempat umum.
·
Personal selling,
memberi contoh baju produksi kami kepada calon pelanggan.
Dan
strategi-strategi lain, yaitu :
·
Melakukan promosi lewat
internet.
·
Menggunakan online
marketing.
·
Memasang papan iklan di
lokasi strategis lainnya.
·
Menggunakan
strategi word of mouth.
·
Menambahkan logo atau
slogan khusus pada produk
·
Menerapkan promosi
silang (Cross-promote)
·
Tidak menggunakan
strategi promosi yang sudah sering digunakan untuk produk lainnya.
Strategi Penjualan
Strategi
penjualan kami adalah dengan cara :
Ø Kualitas
produk atau layanan jasa yang diberikan
Ø Pelayanan
yang baik pada saat proses penjualan
Ø Promosi
dan promosi
Laporan Keuangan
Biaya
produksi per tahun terdiri dari:
1. Modal
Awal produksi:
Kulakan baju grosir
|
Rp. 50.000.000,-
|
Biaya Soft Opening dan Promosi awal
|
Rp. 2.000.000,-
|
Jumlah Modal
Produksi
|
Rp. 52.000.000,-
|
2. Biaya
lain-lain
Asuransi
|
Rp.
200.000,-
|
Transportasi
|
Rp. 500.000,-
|
Peralatan
|
Rp. 300.000,-
|
Wifi
|
Rp.
300.000,-
|
Jumlah
|
Rp.
1.300.000,-
|
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi
|
Rp. 52.000.000,-
|
Jumlah biaya lain-lain
|
Rp. 1.300.000,-
|
Total
=
|
Rp.53.300.000,-
|
Proyeksi
Aliran Kas
Untuk
onlineshop kami proyeksi keuntungan kotor adalah 3% dari penghasilan. Rata-rata
untuk onlineshop kami ini, akan mampu menjual sekitar 80 juta lebih juta
perbulan, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 15–
20 juta perbulan.
Sehingga,
pada bulan ke 3 , kami sudah bisa balik modal. Dan bulan ke 4 dan
seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan
untuk pengiriman ke luar negeri.
Perencanaan
Laba Rugi
· Biaya
tetap
peralatan
|
Rp. 200.000,-
|
Jumlah
=
|
Rp. 200.000,-
|
· Biaya
variable/ produksi
Kulakan baju grosir
|
Rp. 50.000.000,-
|
Jumlah
=
|
Rp. 50.000.000,-
|
· Biaya-biaya
lain
Asuransi
|
Rp. 200.000,-
|
Transportasi
|
Rp. 500.000,-
|
Total Modal
Produksi
|
Rp. 700.000,-
|
TOTAL MODAL (PENGELUARAN) (Rp.
50.900.000,-)
· Pendapatan
Penjualan aneka pakaian dan
aksesoris
|
Rp. 80.000.000,-
|
TOTAL
PENDAPATAN
=
|
Rp. 80.000.000,-
|
· PROYEKSI
LABA/RUGI (KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
|
Rp. 80.000.000,-
|
Total modal / Pengeluaran
|
(Rp. 50.900.000),- +
|
TOTAL KEUNTUNGAN
BERSIH =
|
Rp. 29.100.000,-
|
Waktu
Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan online
shop ini dibuka dari pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 21.00.
Penutup
Demikian
proposal ini saya susun, saya menyimpulkan bahwa berdirinya lapangan usaha ini
karena kebutuhan masyarakat dan permintaan pasar yang sangat mendukung
perkembangan usaha ini. Saya menyadari bahwa tiada yang sempurna di dunia ini
kecuali yang Maha Kuasa.Dalam pembuatan proposal ini tentunya masih banyak
kekurangan,untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun
guna lebih baiknya penyusunan proposal yang selanjutnya.
Akhir
dari penulisan proposal ini saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang
telah ikut serta berpartisipasi dalam penyusunan proposal dan pendirian “Nero
Fashion Shop”. Dan terima kasih juga atas terkabulnya proposal ini,serta saya
berharap agar pelaksanaan peluang usaha yang saya dirikan ini dapat berjalan
dengan baik dan lancar seperti harapan saya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar