Disney Cinderella Glitter

26 Nov 2017

CONTOH PROPOSAL USAHA BISNIS

KELOMPOK 4
PROPOSAL BISNIS











                                                   NAMA   : ASTY DIAZ DEWINTA
                                                              DINDA PUTRI H
                                                              CHRISTIN VERONIKA
                                                              HESTI NURJANAH
                                                              KHORIFIA ANGGRAINA
                                            KELAS   :  4EA34







Latar Belakang
Pada masa sekarang ini banyak sekali anak muda yang ingin mempunyai fashion yang keren dan up to date , maka dari itu kami ingin membuka usaha pakaian terkini. Usaha pakaian remaja merupakan bisnis yang memiliki prospek cerah. Hal ini didasarkan pada semakin berkembangnya dan tingginya kebutuhan masyarakat terutama remaja terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, terutama kaum wanita sangat perfect dalam memilih busana. maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha pakaian online shop  yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Profil Usaha Bisnis
Nama Usaha                : Nero Fashion Shop
Instagram                     : @Neroclothing
Line/WA                     : @nerocollection / 085717005188
Tanggal Berdiri            : 5 Oktober 2016
Jenis Usaha                 : Pakaian
Jumlah Karyawan        : 5 Orang
Produk                       : Baju, celana, blouse, kemeja, outer,dll
Email                           : nerofashionshop@gmail.com


Struktur Organisasi :
Pemilik            : Dinda Putri Hartanti
Keuangan        : Khorifia Anggraina
Pemasaran       : Christin Veronika
Produksi          : Asty Diaz Dewinta
Distribusi         : Hesti Nurjanah


Tujuan
Tujuan kami membuat proposal  adalah agar pelaku usaha memperoleh gambaran secara detail tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam pengembangan usaha,agar pelaku usaha dapat membandingkan antara cita-cita, harapan, dengan realita yang terjadi dengan usaha sedang dijalankan, dan agar pelaku usaha dapat mengembangkan strategi dan menguji dtrategi yag diharapkan dari sudut pandang orang lain.
Produk
Produk yang kami jual adalah pakaian-pakaian remaja dengan mengikuti trend yang ada  tetapi tidak terpaku pada mode barat. Beberapa contoh pakaian yang akan kami tawarkan adalah blazer, blouse, cardigan, sweater, dan masih banyak lagi. Pakaian yang akan kami tawarkan memiliki kualitas yang sangat baik dan dengan style yang menarik.
Target Konsumen
Target konsumen kami adalah :
·         Pembeli individu
·         Pelajar sekolah
·         Remaja
Strategi Harga Pasar
Harga yang ditawarkan bervariasi  & relatif murah dengan harapan dapat dijangkau oleh semua kalangan, terutama kalangan pelajar. Harga yang ditawarkan sangat kompetitif & bersaing dengan tempat-tempat lain.Kami menggunakan strategi harga penertasi, strategi harga multiple-unit price, dan dan strategi harga lining pricing untuk memberikan cangkupan harga yang berbeda pada lini produk yang berbeda.
Konsep Promosi
Target dari pendirian butik ini adalah remaja yang mungkin tertarik  kemudian memesan atau membeli produk kami, kami melakukan pembelian dan pemesanan melalui online. Promosi dilakukan dengan cara:
·         Penyebaran brosur ditempat umum.
·         Personal selling, memberi contoh baju produksi kami kepada calon pelanggan.
Dan strategi-strategi lain, yaitu :
·         Melakukan promosi lewat internet.
·         Menggunakan online marketing.
·         Memasang papan iklan di lokasi strategis lainnya.
·         Menggunakan strategi word of mouth.
·         Menambahkan logo atau slogan khusus pada produk
·         Menerapkan promosi silang (Cross-promote)
·         Tidak menggunakan strategi promosi yang sudah sering digunakan untuk produk lainnya.

Strategi Penjualan
Strategi penjualan kami adalah dengan cara :
Ø  Kualitas produk atau layanan jasa yang diberikan
Ø  Pelayanan yang baik pada saat proses penjualan
Ø  Promosi dan promosi
Laporan Keuangan
Biaya produksi per tahun terdiri dari:
1.     Modal Awal produksi:
Kulakan baju grosir
Rp. 50.000.000,-
Biaya Soft Opening dan Promosi awal
Rp.   2.000.000,-
Jumlah Modal Produksi         
Rp. 52.000.000,-

2.     Biaya lain-lain
Asuransi
Rp. 200.000,-
Transportasi
Rp. 500.000,-
Peralatan
Rp. 300.000,-
Wifi
Rp. 300.000,-
Jumlah
Rp. 1.300.000,-


Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi
Rp. 52.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain
Rp. 1.300.000,-
                               Total                            =
Rp.53.300.000,-

Proyeksi Aliran Kas
Untuk onlineshop kami proyeksi keuntungan kotor adalah 3% dari penghasilan. Rata-rata untuk onlineshop kami ini, akan mampu menjual sekitar 80 juta lebih juta perbulan, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 15– 20 juta perbulan.
Sehingga, pada bulan ke 3 , kami sudah bisa balik modal. Dan bulan ke 4 dan seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk pengiriman ke luar negeri.
Perencanaan Laba Rugi
·         Biaya tetap
peralatan
Rp. 200.000,-
                            Jumlah                          =
Rp. 200.000,-

·         Biaya variable/ produksi
Kulakan baju grosir
Rp. 50.000.000,-
                            Jumlah                          =
Rp. 50.000.000,-

·         Biaya-biaya lain
Asuransi
Rp. 200.000,-
Transportasi
Rp. 500.000,-
                  Total Modal Produksi            
Rp. 700.000,-
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)                           (Rp. 50.900.000,-)
·         Pendapatan
Penjualan aneka pakaian dan aksesoris 
Rp. 80.000.000,-
               TOTAL PENDAPATAN            =
Rp. 80.000.000,-

·         PROYEKSI LABA/RUGI (KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Rp. 80.000.000,-
Total modal / Pengeluaran
(Rp. 50.900.000),-  +
 TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH        =
Rp. 29.100.000,-

Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan online shop ini dibuka dari pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 21.00.
Penutup
Demikian proposal ini saya susun, saya menyimpulkan bahwa berdirinya lapangan usaha ini karena kebutuhan masyarakat dan permintaan pasar yang sangat mendukung perkembangan usaha ini. Saya menyadari bahwa tiada yang sempurna di dunia ini kecuali yang Maha Kuasa.Dalam pembuatan proposal ini tentunya masih banyak kekurangan,untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna lebih baiknya penyusunan proposal yang selanjutnya.
Akhir dari penulisan proposal ini saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta berpartisipasi dalam penyusunan proposal dan pendirian “Nero Fashion Shop”. Dan terima kasih juga atas terkabulnya proposal ini,serta saya berharap agar pelaksanaan peluang usaha yang saya dirikan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar seperti harapan saya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar